Sabtu, 06 Oktober 2007

PESAWAT TERBANG

Gambar di atas adalah gambar sebuah pesawat yang baru saja lepas landas. Pesawat adalah salah satu alat transportasi udara yang banyak digunakan untuk perjalanan jauh dan menengah. Pesawat memiliki kecepatan sampai dengan 1000 km/jam dan dapat terbang dengan ketinggian sampai 40000 kaki di atas permukaan laut. Pesawat yang memiliki jarak tempuh paling jauh ialah boeing 777 yang mampu menempuh jarak 15000 km dalam sekali terbang. yang kedua adalah pesawat superjumbo dari perusahaan Airbus bertipe a380 dimana pesawat ini mampu menampung sampai 800 penumpang dengan jarak tempuh yang sedikit lebih pendek dari boeing 777.

Pesawat terbang pertama kali dipelopori oleh Wright bersaudara, lalu setelah itu, dunia penerbangan semakin berkembang seiring adanya perang dunia yang membuat pesawat sebagai alat perang. Perkembangak pesawat penumpang dalam dunia sekarang ini amatlah cepat. adanya persaingan antara 2 raksasa pabrikan pesawat yaitu Airbus dan Boeing membuat jenis2 pesawat yang ada semakin beragam.

Pesawat terbang yang ada sekarang umumnya menggunakan mesiu jet
yang kurang bersahabat dengan ozon, namun tidak menutup kemungkinan dikembangkannya mesin pesawat yang lebih ramah lingkungan dan kurang polusi. Mesin jet yang digunakan tergantung besar kecil pesawat. untuk pesawat yang besar dan dapat menempuh jarak jauh, biasanya dilengkapi dengan 4 mesin turbin, sedangkan untuk pesawat dengan jarak tempuh pendek dan menengah biasanya menggunakan 2 mesin turbin sehingga lebih hemat bahan bakar.

Clarisa, X-m/09.

Tidak ada komentar: