Selasa, 02 Oktober 2007



AC Prima, Nyaman Berkendara


- Mengendarai mobil khususnya di kota besar yang sangat akrab dengan kemacetan, diperlukan sistem pendingin udara yang handal. Dapat dibayangkan apabila AC tiba-tiba mati saat kita terjebak di tengah kemacetan lalu lintas di siang hari yang panas terik, dapat dipastikan sungguh tersiksa.

Perawatan AC secara berkala sangat dianjutkan, jika mobil digunakan setiap hari, tidak ada salahnya setiap tiga bulan melakukan pengecekan terhadap kondisi dan tekanan freon. Tambahkan jika berkurang sedikit, tetapi apabila tekanan berkurang terlalu banyak, lebih baik cek secara menyeluruh karena banyak tempat yang berpotensi terjadi kebocoran.

Bersihkan kondenser, alat ini berbentuk seperti radiator yang berfungsi untuk membuang panas yang diterima dari dalam kabin kendaraan. Jika kondenser penuh dengan debu, maka pelepasan panas menjadi tidak maksimal dan suhu di dalam kabin juga akan ikut tidak nyaman. Untuk membersihkan cukup disemprot dengan air dan digosok ringan dengan bantuan detergen.

Fan AC, Ada beberapa tipe kendaraan yang dilengkapi dengan extra-fan untuk membantu mendinginkan kondenser. Perhatikan putaran kipas apakah sudah mulai melemah atau tidak. Segera ganti kipas jika tekanan angin yang dihasilkan sudah cukup lemah, karena kapan saja alat ini dapat tiba-tiba mati.

Tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan di dalam kabin, buka kaca jendela seperlunya saja. Debu yang masuk dapat mengotori saluran dan filter di sistem AC, udara dingin dapat terhambat oleh kotoran semacam ini. Hindari merokok di dalam kabin termasuk saat AC dimatikan.
Setidaknya 1 tahun sekali melakukan service keseluruhan AC untuk membuat kinerja AC tetap prima (erl).

Tidak ada komentar: